Search Blog Jerawat Di Sini

Sunday, June 15, 2008

Mitos Penyebab Jerawat dan Seputarnya

Kali ini saya mendapatkan artikel dari acneway.com yang sedang membicarakan seputar permasalahan jerawat khususnya dalam mitos mitos yang berkembang seputar penyebab jerawat dan sekitarnya. Inilah mitos mitos jerawat yang paling umum dipercaya dan berkembang dimasyarakat. Sekali lagi, artikel jerawat ini saya terjemahkan secara bebas dengan gaya saya sendiri, serta saya tambahkan beberapa ide dari artikel yang lain. Jadi terjemahan berikut tidak sama persis dengan aslinya.

  1. Mitos Pertama: Jerawat disebabkan oleh Cara Hidup yang Kurang Higienis atau Kurang Bersih.

    Jika anda meyakini bahwa jerawat yang muncul di muka atau dimanapun di tubuh seseorang itu disebabkan oleh karena cara hidup seseorang yang kurang bersih atau tidak higienis, maka anda telah menganut satu mitos yang paling umum: Tidak Bersih menyebabkan Jerawat. Jika anda menganut mitos ini, kemungkinan besar anda akan membasuh dan menggosok tubuh anda sesering mungkin. Anda akan mendapati bahwa cara ini malah akan membuat jerawat anda makin parah. Sebenarnya, kotoran atau minyak di permukaan kulit bukanlah penyebab dari jerawat. Walaupun minyak yang berlebih, kotoran yang menumpuk di kulit seharian, dan sel kulit mati yang keliatan tak menarik diliat, agar tidak menyebabkan semakin parahnya kondisi jerawat, minyak, kotoran dan sel kulit mati tidak seharusnya di basuh atau di gosok dengan tangan. Faktanya adalah, basuhan atau gosokan yang terlalu berlebihan malah akan menyebabkan kulit teriritasi dan malah akan memperburuk permasalahan jerawat seseorang. Idealnya untuk mengkombinasikan antara perawatan jerawat dan cara hidup yang bersih adalah: basuhlah wajah anda dengan sabun yang lembut, keringkan perlahan, dan lakukan perawatan yang tepat pada bagian yang berjerawat.

  2. Mitos Kedua: Makanan Penyebab Utama Munculnya Jerawat.

    Penelitian Ilmiah telah gagal membuktikan adanya hubungan kausal (sebab akibat) antara makanan dan jerawat. Artinya adalah apa yang kita makan sesungguhnya bukanlah penyebab utama dari jerawat (bukan penyebab langsung, lihat tulisan saya yang lain mengenai makanan yang menyebabkan jerawat secara tak langsung. Untuk makanan tertentu ada korelasi positif -- tetapi bukan dalam korelasi hubungan sebab akibat kausisatif--antara makanan dengan jerawat). Makanan semacam coklat pizza tidak terbukti "menyebabkan" jerawat. Namun demikian jika anda memang terbukti alergi terhadap suatu makanan, ada baiknya anda menghindari makanan tersebut-ini tambahan dari saya lho..

  3. Tambahannya Menyusul Nanti... Lagi ada urusan...

1 comment:

Nor Firnena said...

Hi,

Kalau kamu mahu solusi akan masalah jerawatmu itu, gue sangat-sangat merekemendasikan kamu beri perhatian pada:

www.firnena.comIni kerana ebook ini sangat berbeza dari mana-mana ebook, teknik, penerangan yang lain. Ini bukan cakap-cakap kosong tetapi terbukti. Silalah selesaikan dapatkan solusi jerawatmu itu segera. Harap dapat membantu.