Search Blog Jerawat Di Sini

Thursday, May 1, 2008

Penyebab Jerawat Bagian Kedua

Setelah bagian Pertama yang membahas penyebab Utama Jerawat, sekarang kita menginjak bagian selanjutnya yang akan membicarakan Penyebab Jerawat yang lainnya. Saya masih mengambil sumber dari wikipedia mengenai permasalahan ini dan mencoba untuk menerjemahkan semampu saya dan dengan gaya saya sendiri. Nah Berikut ini penyebab Jerawat Selanjutnya.

Diet atau Pola Makan


Pola makan seseorang dapat juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat di bagian tubuh seseorang. Berikut ini beberapa bahan makanan yang ikut berperan dalam kemunculan jerawat.

Susu

Berdasarkan penelitian terakhir, diketemukan suatu korelasi atau hubungan yang positif antara perilaku makan atau Pola makan seseorang dengan munculnya atau tumbuhnya jerawat. Beberapa makanan yang berkorelasi positif dengan kemunculan jerawat adalah susu saring (skimmed milk), keju batangan, cream keju, dan makanan dingin pencuci mulut (sherbet). Hubungan antara Jenis susu dengan munculnya jerawat, dimungkinkan (masih dalam taraf hipotesa) dikarenakan oleh terjadinya peningkatan hormon di tubuh semisal hormon sex atau bovine IGF-I yang ada pada susu sapi. Walaupun demikian pada dasarnya pengaruh atau hubungan secara kausisatif (hubungan sebab-akibat) antara susu dengan jerawat belum begitu jelas.

Makanan Laut atau Sea Food

Makanan Laut atau sering disebut dengan SeeFood merupakan makanan yang banyak mengandung kandungan Yodium (Iodine). Yodium dikenal juga sebagai selah satu dapat mengakibatkan makin parahnya jerawat yang sudah ada, walaupun yodium mungkin tidak cukup dijadikan penyebab munculnya jerawat. Walaupun demikian banyak orang yang cenderung mudah terkena jerawat akan menghindari makanan dengan kandungan yodium yang tinggi.

Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Tinggi / High Carbohydrates / High GI

Dimungkinkan juga dalam beberapa makanan dapat berubah menjadi bentuk gula tinggi (high sugar) dan sejenisnya ada hubungannya dengan kemunculan jerawat. Hipotesanya adalah Jika Makanan dengan Karbohidrat tinggi seperti roti putih (white bread/ terjemahan yang cocok apa ya?) akan berubah menjadi gula dalam proses metabolismenya, dan kalau berlebihan gula ini dapat berubah menjadi lemak yang akan membentuk atau berubah menjadi kelenjar minyak (salah satu penyebab jerawat secara kausalitas langsung).

Walaupun demikian ternyata beberapa makanan yang tinggi kalori seperti coklat tidak berkorelasi langsung dengan tumbuhnya atau munculnya jerawat. Ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association.

Studi atau Penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan gula yang tinggi memicu hati (liver) untuk mengubah jenis gula ini ke bentuk lipid (bahan organik yang mengandung minyak). Efek samping dari kejadian atau proses ini adalah berhentinya produksi hormon sex (Sex hormone binding globulin: bahan kimia yang akan mengurahi tingkat hormon testosterod dalam darah). Seperti dijelaskan kemarin, hormon tertosteron ini dapat memicu munculnya jerawat.

Vitamin A dan E

Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang berjerawat cenderung memiliki kadar vitamin A dalam aliran darah mereka lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki jerawat. Bebeberapa orang yang berjerawat juga cenderung memiliki kadar Vitamin E dalam darah yang rendah.

Hygiene (Kesehatan)

Jerawat tidak ditimbulkan oleh adanya debu atau kotoran dari luar. Ini merupakan sebuah kesalahpahaman dari banyak orang yang mengatakan bahwa kotoran "menyebabkan" orang berjerawat. Kemungkinan Kesalahpahaman ini lahir dikarenakan blackheads (komedo hitam terbuka) nampak seperti kotoran tersangkut dalam pori pori kulit yang terbuka. Warna hitam itu sesungguhnay bukanlah kotoran melainkan oxidised keratin (keratin yang teroksidasi sehingga menghitam). Faktanya adalah keratin yang menyebakan jerawat muncul itu ada jauh didalam folikel atau saluran rambut, yang mustahil untuk dibersihkan. Penyumbatan oleh keratin ini sesugguhnya terjadi karena kesalahan atau kegagalan gerakan aliran sel untuk berpisah dan muncul kepermukan kulit dari minyak kulit yang diproduksi oleh tubuh.

Sekian

Beberapa terjemahan rada wagu, mohon maaf atas kekurangannnya

Masih diambil dan diterjemahkan secara bebas dari:
http://en.wikipedia.org/wiki/Acne_vulgaris

2 comments:

DANGER AREA said...

keringat olahraga yang tidak dibersihkan atau diusap bisa menyebabkan jerawat ?

Tommy Huang said...

baru tau klw makanan tinggi karbohidrat bs nyebab in jerawat..

salam~anak2 purwodadi