Search Blog Jerawat Di Sini

Saturday, May 24, 2008

Benzoyl Peroxide n Solusi Jerawat

Salah satu cara untuk mengatasi, menghilangkan, mengurangi atau menjaga agar jerawat anda tidak tumbuh adalah dengan menggunakan Topical bactericidals (diterjemahkan apa ya? bingung saya.. huk huk huk). Salah satu yang terkenal dari jenis ini adalah produk bactericidal yang mengandung benzoyl peroxide. Benzoyl Peroxide dapat digunakan untuk mengatasi jerawat atau sebagai solusi jerawat dalam kategori medium (moderate acne, lihat penjelasan atau terjemahan saya dari wikipedia mengenai tingkatan jerawat di sini).

Cream atau gel yang mengandung benzoyl peroxide diusapkan atau digosok sehari dua kali kedalam bagian pori pori kulit yang berjerawat. Jenis sabun batangan juga dapat digunakan (bervariasi kandungannya antar 2 sampai 10%). Keratolytic (bahan kimia yang dapat menghilangkan keratin plug dalam pori pori) Benzoyl Peroxide juga dapat membunuh bakteri P.Acnes.

Dalam sebuah study atau penelitian, hampir 70% dari penderita jerawat yang menggunakan benzoyl peroxide kadar 10% dapat mengurangi sakit jerawat dalam waktu 6 minggu. Tidak seperti antibiotik, benzoyl peroxide atau bensoil peroksida mempunya keuntungahn dari kekuatan mengoksidasi (membuat oksigen terjemahan kasarnya, oksigen dapat membunuh bakteri jerawat karena bakteri jerawat membutuhkan lingkungan miskin oksigen untuk tumbuh dan berkembang. Keteranganl lengkap silahkan baca postingan saya di sini), sehingga tidak membangkitkan sifat resistansi dari bakteri jerawat tersebut.

Walaupun demikian perlu diingat bahwa penggunaan benzoil peroksida dapat mengakibatkan efek samping semisal, kulit menjadi kering, iritasi lokal, dan kemerah merahan pada kulit.

Perawatan atau penggunaan keseharian yang lebih sensitif dapat menggunakan benzoil peroksida dengan kadar yang rendah (2,5%), yand dikombinasikan dengan non-comedogenic (maaf lum sempat nerjemahin, dibuka aja link itu dari wikipedia) untuk membantu mencegah kekeringan yang berlebihan padakulit.

Kehati hatian perlu sekali diterapkan jika anda menggunakan benzoyl peroxide karena dapat dengan mudah memutihkan rambut (bleach) kalau terkena kontak dengannya.

Masih di olah dan diterjemahkan dari:
http://en.wikipedia.org/wiki/Acne_vulgaris

10 comments:

Anonymous said...

Hati2 menggunakan Benzoyl Peroxide karena kalau kulit tidak 'tahan' bisa mengalami iritasi (bengkak dan kemerahan) terutama pada awal mulai pemakaian.
Untuk mengurangi iritasi sebaiknya seminggu pertama mulai pemakaian di sebagian kecil area berjerawat saja, 1 kali sehari saja dan memakai kadar yang 2,5% saja.

Anonymous said...

produk Benzoyl Peroxide yg biasa dipakai spt apa? yg umum bisa ditemukan?

Unknown said...

Aq da pakai benzoyl peroxide, lumayan sih jerawat ilang, tpi msh tinggal sedikit. memang sih muka jdi merah tpi kulit jadi halus...
nak masalah sekarang bekas merahnya ini jdi problema...

Rina said...

Benzoyl Peroxide Solusi Jerawat? Waduh... kimia lagi. Kapok deh pake obat kimia,pengalaman aku emang sembuh sih tapi wajah terasa panas. apa nggak cocok atau gimana aku juga nggak tau. ada yang herbal ga ya?

Reiza said...

Tambahan nih kakak. Bahan Benzoyl Peroxide yang saya tau itu digunakan untuk membunuh bakteri, atau biasanya digunakan untuk membersihkan luka. Bagi sebagian orang memang itu cara yang cukup efektif tapi dari pengalaman saya, bahan ini tidak di sarankan bagi yang punya kulit sensitif. Karna bagi yang kulitnya sensitif itu hanya akan merobek pori pori kulit dari dalam, atau bahasa kerennya iritasi. Dan iritasi kalau semakin parah bisa lebih parah dari jerawat looh, tapi bukan berarti cara ini bahaya, cara ini tetep keren kok, "tapi" hanya untuk yang tidak berkulit sensitif. Terimakasih, kalau salah tolong di koreksi,

Anonymous said...

apakah ada efek dari penggunaan Benzoyl Peroxide?

Anonymous said...

BENZOYL PEROXIDE. Sangat bhaya bgi klit sensitif , jrawat hilang ehh malah tmbah parah karna iritasi..., sbaiknya gunakan cara aman masih bnyak..??
Jngan ambil resiko,

Anonymous said...

tea tree oil adalah produk alami utk jerawat

Unknown said...

Bisa hubungi sy, coba pakai masker gingseng merah prodyk dr cozmolife. Aman dan alami, bikin wajah kenyal kencang jugak. InsyaAllah bisa jadi solusi, minat bisa hubungi sy 082291671181 :) member cozmobiz

Intan said...

Benzoyl Peroxide di apotik bisa ditemukan sebagai benzac 5% atau Benzolac 5%