Search Blog Jerawat Di Sini

Saturday, May 10, 2008

Penanganan Jerawat: Menghilangkan Jerawat

Masih mengambil atau berusaha menerjemahkan tulisan atau artikel dari wikipedia, kali ini saya akan membahas tentang Treatment atau penanganan, termasuk upaya upaya apa saja yang telah dilakukan untuk menghilangkan jerawat sehingga jerawat tidak muncul lagi. Bahasan kali ini juga akan membahas tentang upaya pencegahannya juga, karena penanganan jerawat tidak hanya usaha untuk menghilangkannya tetapi juga usaha untuk mencegah timbulnya jerawat.

Artikel ini seperti biasa akan saya bagi menjadi beberapa buah bagian yang kemungkinan juga akan dibuat di artikel yang berbeda. Oleh sebab itu, kali ini saya hanya akan menyampaikan pengantar atau pendahuluan mengenai Penganangan Jerawat termasuk Pencegahan dan Penghilangan atau upaya menghilangkan jerawat.

Dari wikipedia dituliskan bahwa memang terdapat banyak sekali upaya-upaya penanganan acne atau jerawat. Namun demikian sangat sedikit dari upaya-upaya tersebut yang bisa dibuktikan secara ilmiah atau scientifik. Artinya upaya atau tips trik cara menghilangkan jerawat tersebut tanpa adanya riset dengan metode ilmiah.

Salah satu contohnya adalah artikel saya kemarin yang menuliskan tips dari saudara NEVIKA ADITYA disini, Saya juga pernah menuliskan cara menghilangkan jerawat yang berasal dari pengalaman tanpa pernah dibuktikan secara ilmiah disini.

Menurut Wikipedia, perawatan jerawat yang sering menjanjikan keberhasilan besar hanya dalam 2 minggu biasanya hasilnya sesungguhnya sangat mengecewakan. Namun demikian, cara memecah atau membuka cortison (jerawat yang sudah besar di pecah) , dapat memberikan hasil yang cukup cepat.

Pada dasarnya cara cara penanganan jerawat dapat dilakukan lewat 4 metode (yang sebagian besar perawatan yang terbaik memberikan beberapa efek simultan (multiple simultaneous effecs). Keempat cara penanganan atau penghilangan jerawat itu adalah:

Pertama dengan menormailisasi pembuluh rambut kedalam pori porinya dengan tujuan untuk mencegah penyumbatan.

Yang kedua adalah dengan cara membunuh bakteri penyebab acne (Propionibacterium acnes )

Yang ketiga adalah dengan anti inflammatory effects (pencegah peradangan)

Sedang untuk yang ke empat adalah dengan memanipulasi hormon (hormonal manipulation)

Kombinasi dari cara cara penanganan diatas dapat mengurangi terjadinya jerawat secara significant dalam banyak kasus. Namun demikian, perawatan yang sangat efektif sangat potensial untuk munculnya efek samping yang lain, oleh karena itu haruslah di monitor secara serius perkembangannya.

Ada beberapa penanganan atau perawatan jerawat yang memang terbukti benar benar efektif secara ilmiah. Berikut ini adalah listnya. Untuk penjelasannya akan saya kasih pada tulisan yang berbeda

  • Topical bactericidals
  • Topical antibiotics
  • Oral antibiotics
  • Hormonal treatments
  • Biological Treatment
  • Topical retinoids
  • Oral retinoids
  • Phototherapy

4 comments:

Anonymous said...

x bape jelas laa...?

Durra said...

saya durra dan saya baru sahaja berumur 11 tahun. my blog is durrazlyana.blogspot.com. Saya ada masalah dengan blemish and acne. Apabila satu jerawat sudah pun hilang, satu lagi tumbuh. Jerawat-jerawat saya tumbuh secara satu satu dan apabila itu berlaku, maka, muka saya dipenuhi dengan bekas jerawat. So, selesaikanlah masalah saya ini. (sekarang ni masih banyak jerawat)

Cara Menghilangkan Jerawat said...

Thanks ilmunya sob

Cara Menghilangkan Komedo said...

AKu ada juga lo artikel tentang komedo di blogku