Search Blog Jerawat Di Sini

Wednesday, April 30, 2008

Penyebab Utama Jerawat (Acne)

Seperti yang telah saya bicarakan di postingan tentang definisi jerawat sebelumnya, Jerawat muncul karena terjadi penyumbatan atau penghalangan di dalam folikel rambut atau pori pori. Tetapi penyebab utama jerawat selain secara fisikal tersebut bisa juga dikarenakan oleh kondisi kondisi tertentu seperti yang akan saya berikan dibawah ini:

Pertama adalah karena Faktor Genetik atau Faktor Keturunan.

Jika keluarga anda entah itu bapak ibu atau nenek atau kakek anda merupakan penderita jerawat pada waktu masih muda (karena kemungkinan kalau udah usia lanjut mereka sudah tidak berjerawat lagi), maka sangat dimungkinkan jerawat yang anda peroleh sekarang ini merupakan hasil dari keturunan genetika bapak atau ibu anda. Ya, secara genetik jerawat itu bisa diturunkan. Sejarah jerawat keluarga anda bisa menyumbang pada keberadaan jerawat anda.

Kedua adalah Aktivitas Hormonal

Aktivitas hormonal disini dimaksudkan pada proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Semisal ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon sex (lelaki) yang disebut androgens yang lumayan banyak sehingga menyebabkan glands (kelenjar minyak) menjadi tambah banyak dan sebum (kelenjar minyak) pun tambah banyak pula (salah satu penyebab munculnya jerawat secara tekhnikal). Pada masa siklus menstrasi perempuan bisanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Ketiga adalah Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif (Hyperactive sebaceous glands)

Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan ini bisa saja dimungkinkan karena salah makan atau memang sudah menjadi genetik seorang penderita jerawat. Dengan banyaknya kelenjar minya makan munculnya kelenjar minyak akan lebih banyak sehingga kemungkinan tersumbatnya folikel dan pori pori kulit pun akan banyak. Jerawat yang muncul pun akan banyak.

Keempat adalah Menumpuknya Sel Kulit Mati (Accumulation of dead skin cells)

Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan tersumbatnya tersumbatnya folikel dan pori pori. Seperti yang telah saya jelaskan diatas hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo. Kalau parah bisa menjadi jerawat yang teinfeksi bakteri jerawat.

Kelima adalah Bakteri di Pori pori kulit

Bakteri yang berada di dalam pori pori kulit bisa menyebabkan munculnya jerawat. Propionibacterium acnes (P. acnes) merupakan bakteri yang menyebabkan jerawat. P. acnes merupakan bakteri unaerob yang menyebabkan jerawat.

Keenam adalah Iritasi Kulit atau Garukan yang menyebabkan Peradangan

Ketujuh adalah Anabolic Steroid (lum dapat penjelasannya yang lengkap)

Kedelapan adalah Pil Pengontrol Kelahiran atau Pil KB

Kesembilan adalah Lingkungan yang mengandung kadar klorin (chlorine) yang tinggi terutama chlorinated dioxins, sedang yang bisa menyebabkan jerawat yang parah disebut Chloracne.

Beberapa jenis hormon juga sering dikaitkan sebagai penyebab terjadinya Jerawat. Semisal androgens testosterone, dihydrotestosterone (DHT), insulit-like growth factor (IGF-I), dan juga dehydroepiandrosterone sulfate (DHEAS).

Orang yang sudah menopause juga biasanya tidak lagi berjerawat karena dia memproduksi hormon anti jerawat secara alamiah. Namun hormon ini akan menyebabkan kulit berkerut dan tipis, vagina jadi kering, osteoporosi, rambut jadi sedikit dan tipisdan sebaganinya.

Link Lanjutan Pembahasan ada di:

Penyebab Jerawat Bagian Kedua

Sekian Terima Kasih

Masih Di Translate secara Bebas dari:
http://en.wikipedia.org/wiki/Acne_vulgaris

9 comments:

Anonymous said...

cara ngilanginnya gimana tuch... oiya bekas jerawat juga bisa ilang ya... trus flex2 hitamnya juga gimana????

Dewi Cahyani said...

nulisnya agak gk nyambung,,,

FERI KURNIAWAN said...

banyak sekali faktor pendukung terjadinya jerawat. seperti bakteri,makanan dan lainnya tapi pada dasarnya yang terjadi di permukaan kulit adalah dampak yang terjadi dari dalam tubuh kita,,!! banyaknya jumlah produksi minyak pada wajah,, dan terjadi inflamasi sehingga timbul jerawat adalah efek dari kesehatan tubuh kita,,!! untuk lebih jelas penyebab jerawat dapat anda lihat di Info Jerawat

Anonymous said...

tambahan selanjutnya.....
yang kesepuluh adalah cinta yang tidak tersalurkan,
yang kesebelas adalah sering menyendiri karena sering memikirkan cinta.....
mendingan jomblo........aja.........

Anonymous said...

ya... akan saya coba ... terimakasih tips nya... good luck

Anonymous said...

mantap

FERI KURNIAWAN said...

ah ternyata jerawat lagi,, sudah menjadi momok yang menautkan bagi orang orang, apalagi penyakit ini susah untuk menghadapinya!! oy cuma sekedar sharing disini juga ada cara mengatsi jerawat, silahkan saja kunjungi Mengatasi jerawat Secara Alami

azmilink said...

nice info..izin kutip gan...

cara menghilangkan bekas jerawat said...

penyebabnya perlu dibasmi