Search Blog Jerawat Di Sini

Sunday, December 14, 2008

Pengalaman Berjerawat: Jerawat dan Dokter Kulit

Ini Kiriman sebuah cerita tentang pengalaman seputar masalah jerawat dari seorang yang bernama Afriyeni Amril (af_jenny80[at]yahoo[dot]com):


Hai, Haqiqie. Salam kenal. saya jenny yg sempet buka blog kamu :bicarajerawat.blogspot.com

Pengen cerita aja nih. Awal februari 2008, saya jerawatan. Gak sampe panik siy. Soalnya jerawat yg nongol masuk kategori jerawat nasi (bahasa awamnya) di jidat. Mulai cemas, saat tuh jerawat merambah wilayah pipi dan dagu pada bulan juninya dan yg nongol jerawat dengan ukuran yg lumayan disertai warnah merah.

Pada dasarnya kulit saya masuk kategori berminyak dan sensitif, tapi tidak pernah jerawatan sebelomnya. Dari kecil, ABG, sampe dewasa muda, saya tidak pernah jerawatan. Gak tau kenapa, di usia 27 ini malah jerawatan.

Saya memilih untuk tidak kedokter kulit, mengingat :

  1. Saya tidak pernah mempunyai masalah kulit sebelumnya.
  2.  Kulit saya sensitif dan menurut hemat saya, dokter biasa menggunakan obat dengan dosis tinggi untuk mengatasi masalah kulit pada pasien (ini hasil survey dari 12 org teman yg pernah ke dokter kulit krn masalah jerawat).
  3. Saya tidak mau coba2 dengan produk kimia, krn dari yg saya baca, banyak obat2an oral untuk jerawat yg bisa menyebabkan gemuk.

Langkah awal untuk mengatasi jerawat tadi dengan make produk kosmetik Tolak Jerawat Sari Ayu yg warnanya pink dan berbau sulfur. Harganya kurang lebih 16rb. Produk ini saya pilih karena saudara2 saya yg berjawat memakainya dan sukses mengusir jerawat.
Pakenya sesudah muka dibersihkan lalu olesi tolak jewat ini pada daerah yg berjerawat, sebelom tidur. Begitu bangun paginya di bilas dengan sabun. Jerawat di jidat hilang, berganti bekas2 hitam. Jerawat yg di pipi dan dagu, diatasi dengan tidak mengkonsumsi makanan seperti telor, udang, cumi dan memperbanyak makan sayur juga buah. Sementara jerawat td tetap diolesi dengan tolak jerawat sari ayu. Jerawat ini dengan ukuran lumayan dan merah di pipi dan dagu ini sempat hilang.

Permasalahannya timbul saat saya mulai mencoba mengatasi bekas jerawat.

Saya membaca dr sebuah blog, bahwa madu yg dicampur kayu manis bubuk dapat mengatasi jerawat dan bekasnya dalam 20 hari.

Karena madu punya banyak manfaat, dan ini resep tradisional yg minim resiko (krn tidak dimakan, hanya diolesi), saya pun mencoba. Mencampur 3 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis hingga menjadi selai ato pasta. kemudian diolesi ke wajah yg sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelum tidur. Setelah bangun keesokan harinya di bilas dengan air hangat hinga bersih. Ada yg perlu diperhatikan, selai ini ternyata bila terkena kain bisa meninggalkan noda, alias selai ini seperti getah yg bila menempel dibaju ato kain akan meningalkan bekas.

Selama 12 hari, bekas jerawat yg hitam2 mulai tampak nyata memudar. Sebenarnya dalam 8 kali pakai saja secara teratur, bekas hitam sudah berkurang. Ampuhlah pokoknya! Tapi karena menurut yg saya baca hasilnya akan efektif setelah 20 kali, maka saya pun melanjutkannya.

Dihari ke 14, tiba2 dibekas jerawat yg awalnya saya kira telah mati, tumbuh kembali (jerawatnya hidup lagi, hehehe). Tidak tanggung2 semuanya bersemi merah seperti udang rebus. tidak hanya di beberapa bekas jerawat sebelumnya, tapi juga ditempat yg belom terjajah jerawat, seperti hidung dan daerah sekitar pipi dekat telinga. Saya benar2 kalang kabut.. Takut liat muka sendiri. Jerawat saya bersemi merah merona diantara bekas jerawat yg mulai hilang. Tidak hanya di wajah, jerawat juga nongol di punggung, leher, kepala dan lengan.

Saya tidak tahu, apakah jerawat ini timbul kembali karena pasta madu dan kayu manis yg saya pakai atau karena sebelomnya saya lalai menjaga makanan saya!Karena merasa jerawat telah hilang, saya mulai makan telor, udang dan miekocok kesukaan saya.
Kemudian saya akhirnya mengalah dan memilih untuk konsultasi ke dokter kulit.
Kebetulan ada teman2 yg pernah kena cacar menyarankan saya untuk konsul ke dokter tersebut yg dikenal tokcer!!

Benar saja, dokter ini pasiennya banyak bgt. Daftar hari Jumat untuk berobat di hari kamis minggu depannya. Alasannya, si dokter hanya menerima paling banyak 15 pasien sehari dengan jam praktek jam 16.30 s/d 19. Katanya siy biar bisa fokus ama pasiennya.

Ceritanya, begitu saya masuk, dokter ini bertanya macam2. Mulai dari riwayat kulit (apakah pernah berjerawat sebelomnya? Sejak kapan jerawatan? Apakah orang tua juga pernah punya riwayat berjerawat? dll) sampe pola makan, jadwal istirahat, penggunaan kosmetik, hingga kebiasaan gosok gigi dan cuci rambut. Nah lho? Dokter ini, bener2 berdiskusi dengan saya, sampe saya tahu, penggunaan pasta gigi dan cara gosok gigi yg salah, ternyata juga bisa jd penyebab jerawat. Begitu juga dengan shampo dan cara mecuci rambut. Menurut dokter ini, pasta gigi mengandung pemutih yg tdk bagus untuk kulit wajah. Bila cara gosok gigi salah, yaitu busa pasta gigi sampai terkena pipi atau dagu, bisa menimbulkan jerawat. begitu juga dengan shampo. Sampai akhirnya, si dokter bertanya, apakah saya pernah tinggal lama di luar kota? Saya pun menjawab iya. Saya tinggal di luar kota selama 6 tahun. Dan kembali lg ke kota saya 2 tahun lalu. Si dokter menyimpulkan bahwa ini karena perbedaan iklim, dari daerah laut, ke daerah rawa, hehehehe... Ada perbedaan kelembaban, dan segala macamnya.

Si dokter memberi saya obat oral untuk 20hr dan obat oles. Obat oral ini berupa 2 jenis kapsul yg masing2 dimakan 1x sehari. kapsul pertama adalah kapsul yg mengandung beta karotin, vitamin dan mineral. Kapsul kedua mengandung benzoyl peroxide. Obat oles yg diberi berupa sabun muka yg dipakai hanya pada pagi hari, cleansing yg dipakai pagi dan malam, obat kocok acne yg dipakai saat hendak tidur (aromanya sedikit berbau sulfur), cream yg dipakai untuk pagi hari dan bedak tabur warna kulit.

Selain memberi obat ini, dokter juga memberi pesan :

  1. Diet dengan benar dalam artian kurangi makanan berminyak, makanan manis seperti coklat dan es krim, lalu makan yg biasanya menjadi pemicu alergi seperti telor, seafood.
  2. Perbanyak makan sayuran yg difariasikan dari sayuran putih, hijau dan kuning atau merah.
  3. Perbanyak makan buah2an yg juga difariasikan.
  4. Perbanyak minum air putih.
  5. Cukup istirahat.
  6. Perbanyak sirkulasi udara di rumah, dalam artian jangan melulu pake AC atau Fen, jendela dan pintu tetap harus dibuka pada pagi dan sore hari untuk sirkulasi udara yg bagus.
  7. Perhatikan kebersihan pakaian dan seprey juga selimut.
  8. Jaga kebersihan tangan
  9. Gosok gigi dengan benar dan cuci rambut dengan benar.
  10. Jangan terlalu memikirkan jerawat anda, coba fokuskan, apa yg akan kita lakukan saat jerawat ini dan bekasnya hilang ( saat itu saya menjawab, saya ingin pake eyeshadow dan blush-on yg saya idamkan, hehehehe).
  11. Berdoalah, krn usaha tanpa doa juga tidak afdol.

Dalam 37 hari, jerawat dan bekasnya hilang. memang menguras dompet, tapi setimpal dengan hasilnya yg maksimal. Bahkan kulit wajah saya terlihat lebih cerah. Sekarang saya bisa katakan, jangan takut untuk kedoter kulit, memang mahal tp sehat tidak selamanya murah bukan? ada saatnya kita harus memilih jalan yg mahal, bila jalan yg murah sudah tidak bisa lagi diharapkan. Tapi ingat, tetap harus pintar2 memilih dokter kulit.
Ini yg saya lakukan saat memilih doter kulit :

  1. Saya bertanya kepada banyak org. Mulai dengan tetangga, teman, dan saya juga 'menugaskan' saudara untuk bertanya hal yg sama pada teman2 mereka.
  2. Setelah mendapat gambaran dokter yg dikatakan bagus, saya mendatangi tempat praktek dokter tersebut dan bertanya macam2 pada pasien disana. Seperti : apakah bapak/ibu/mbak pernah ke dokter ini sebelumnya? dokternya seperti apa ya? apakah beliau komunikatif? apakah beliau bersedia memberika no hp nya untuk konsultasi lebih lanjut? obat apa yg biasanya diberi? cocok gak? kira2 seperti itu.
  3. Saya mencoba mendapatkan nomor HP dokter tersebut dan mencoba menelopon beliau, saya ingin buktikan sendiri apakah si dokter benar komunikatif seperti yg disampaikan para pasiennya.

41 comments:

Tekad said...

Thanks 4 sharing.
Coba ada imunisasi anti jerawat, kapan ya bisa ditemukan?
Jerawat oh jerawat, spt cerita cinta yg ga habis2nya tuk dibahas.

kutai gorilaz said...

q mah mulai SMA dah punya jerawat,,herannya,ade,kaka,mama,ayah,,masa mudanya ga ada yg punya jerawat...
karna q cwo,q cuekin az.,.,
eh,,ga taunya jerawat merembet ke leher,udah merah,besar lagi,,,,
belum lagi bekasnya,.,
pernah kedokter n habis ratusan ribu,,,
dokternya cuma ngasih obat n salep.,.,seminggu mang hilang,,eh ga taun ya tumbuh lagi,.,
cari info di internet,,katanya caladine lotion bisa hilangin.,.,
ane coba aza,.,.
eh mang lumayan keliatan hasilnya,.,.jerawat ga tumbuh selama seminggu,.,nih kepala terasa ringan....
itu sih cerita q.,.,

about acne said...

saya punya blog yang isinya tentang tips-tips mengatasi jerawat,apa saja yang harus dihindari dan dinjurkan dalam perawatan jerawat, tips khusus buat bagi yang berkulit gelap di sini.

vani said...

klo boleh tau dokter kulitnya dmn ya?? soalnya aku jg ngalamin, tp dokter kulitnya ga pas. makasih.

Klinik-Jerawat.com said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

sama banget sih pengalamannya!!
diantara dgr pendapat orang dan diri sendiri!
tolong banget minta alamat dan nama dokternya. aku udah 2 thn ga sembuh2,,tolong banget dong balesannya yah.
aku malu banget klo ktmu sm orang tuh. aku jd minder,,
tolong yah. maksih

health info said...

makasih sebelumnya bwat sharing nya..berguna bgt neh..... truz yg soal madu itu..sebenarnya madu tu emg ampuh untuk obat jerawat..namun alangkah baiknya jika kita menggunakan air liur lebah yg asli ..( tpi gw lupa tu namanya )..tpi yg psti air liur lebah nih bagus bgt bwat di jadiin masker...cairan ini sendiri mempunyai fungsi kekebalan terhadap bakteri dan mempunyai fungi detoxsifikasi ( menetralisir racun )..biasanay lebah mengoleskan air liurnya pada bagian luar sarangnya agar sarangnya tidak membusuk karena bakteri...makanya bagus bgt neh klo di oles ke muka..pasti langsung bebas bakteri..

Anonymous said...

jangan cuma cerita doang. kasih tau kek dokternya dimana. ga asyik kalo cuman cerita tapi ga ngasih solusi

Anonymous said...

Dulu aku py jrwt tp msh normal...krn biasanya hanya muncul kl menjelang datang bln..stlh jrwt sembuh pastilah meninggalkan bekas2 yg ga enak dipandang mata. Pake olesan madu buat ngilangin bekas jrwt dah pernah aku alami... tapi bukannya wajah jd halus malah muncul jrwt yg super parah. Krn ga kunjung sembuh akhirnya aku ke doktr kulit & ternyata jrwt parahku itu disebabkan krn diolesi madu. Dg perawatan rutin ke doktr kulit (yg memakan beaya yg sgt besar) akhirnya jrwtku sembuh...jd kesimpulannya tidak setiap kulit cocok dg madu maka berhati2lah kl mau mencoba tips2..jgn2 mlh bikin masalah...

sukasekalimakan said...

makasi ya :D

Anonymous said...

Sebenarnya bukan pengalaman, tapi sedang mengalami. Saya juga berobat ke dokter (emank mahal sih. he..). Dokter ngasih salep, kalo gg salah namanya Acne Gell yang mengandung Benzoyl Peroxide, obat anti botik, sama sabun cair yang labelnya di copot. Awalnya biasa saja, tapi setelah 3-4 hari kulit saya terkelupas, mungkin efek dari gell. Tidak hanya itu, saya juga punya persediaan sebotol air jeruk mipis. Setelah 2 minggu kemudian, kulit saya lumayan agak bersih. Saran dari dokter saya harus cek-up tapi saya gg, ntah kualat atau obat yang diberi dokter habis, kulit saya timbul lagi jerawatnya tapi gg terlalu banyak juga sih. Terus saya beli obat di apotik sesuai dengan resep dokter. Tapi sabun cair tanpa label buat saya bingung, saya takut salah, kalo salah ntr gg cocok. Tadinya saya punya niat buat beli sabun yang mengadung sulfur. Tpi setelah baca-baca dari sini, saya coba dehhh. Mudah-mudahan sembuh. Amin,.........

iMma.LemoD said...

misi..
sya mau nanya..
kn saya sudah dapet krim dari dokter buat ngatasi jrawat..
ternyta krim nya bkin ketergantungan..
gmn y caranya biar bisa lepas dr krim ny??
makasii..
harap d bles y..

anti ACNE said...

Selama ini saya tidak mengalami masalah jerawat,apa karena saya termasuk orang yang memiliki kestabilan emosi yang tinggi ya, hehehe.

Om rangga said...

wah...bener banget ...
thanks yah..

oia.. klo mau tukeran link, comment di blog Om ya mas..
blog mas link nya uda dimasukin ke blog Om.
semoga ini memper erat silaturahmi sesama bloh.
dan naikin traffic tentunya.

thanks ya Om

mohamad.nurreza.rachman said...

dmana sih kak alamat dokternya,saya juga pengen konsultasi kesana..!!!

Anonymous said...

Saya jg pengalaman gt SMP gx pernah tu ada namanya jerawat..Uda SMA banyak banget mpe satu muka, pas masuk kuliah baru sadar merawat muka tapi bekas nya tu uda telat bannnyyyyak banget, uda segala masker alami dicoba tp epek diiiikiiit doank, dr masker tomat, kentang, gandum,jeruk lemon dst...Karena Nyerah akhirnya ke dokter juga. Tapi agak gx rela juga Sih, uang jajan jd terpotong berhubung saya anak kos...
Kadang Bandel jg sering berhenti tiap berhenti mulai keluar jerawat lg tapi gx separah dulu sih plg 1-3 biji..Tapi masalahnya Kulit kasar n dari mulus mulaii kuseman gt...Trus karena suatu waktu mau nyoba ngirit saya Coba Tu pake masker Madu n Cinamon Eh malah muka keluar bintik merah Semua..Sejak itu Kapok pake nya dan terpaksa Balik ke Dokter Lg...
T.T
Btw G tu da liat Promosi Obat Kyusoku Yang minum gt katanya bisa mengatasi berbagai masalah kulit..Ada yang pernah Coba?
Ketergantungan gx sih?
Soalnya Uda capek pake obat luar terus,Gx praktis...

noRa said...

bisa tolong di kasi tau nama dokter dan alamat prakteknya dan no.tlp tempat prakteknya?? makasih banyak

Anonymous said...

aku malah sebaliknya, awalnya kulit muka ku tuh normal, trus krn takut jerawatan, aku ke dokter kulit yang emang mahal dan cukup terkenal erha clinic,
awalnya sih bagus, tapi setelah make slam 1,5 tahun tiba.tiba muncul jerawat dimana.mana,
yg paling gk enaknya kalo konsul sama dokternya, susah sekali mau nanya apa masalahnya, waktu konsul selalu sperti dibatasi dan terburu2, krn msh bnyk pasien yg ngantri, padahal selama tiba2 jerawatan dokternya udah berkali.kali nganti resep, dan nyuruh beli obat2nya sampe2 isi kulkasku obat2 dari situ semua, dan tetep aja gk sembuh2,

Anonymous said...

aku dari lahir sampe kuliah semester 3 biasa dikagumi karena kulit wajah yang halus dan sama sekali ga pernah tersentuh sama yang namanya jerawat..walau makan makanan yang beresiko menimbulkan jerawat buat kebanyakan orang atau langsung tidur setelah seharian beraktivitas tanpa sebelumnya cuci muka, semuanya ga bisa ninggalin jerawat di mukaku...bangga banget lah..sampe akirnya sombong dan ga jaga pola makan, pola merias wajah atau pola hidup sehat..dan pada akhirnya...muncul satu jerawat, dicuekin, trus satu lagi, masih cuek..begitu nambah terus baru mule mikir, n ambil jalan pintas dengan dipencet2 sndri..akhrinya jadi parah,.dan makin ribet plus stress ngurusnya,,jadi ga PD,,
intinya, ternyata jerawat jangan diperlakukan berlebihan. lakuin perawatan sewajarnya dan lakukan olahraga teratur plus konsumsi banyak air putih,,,kalo masalah pilah-pilih makanan ga terlalu jadi soal..

David said...

Nanya donk..alamat dokter yang kamu kunjungi itu..yang kata kamu pasien na perhari cuma 15 orang doank..
soalnya aku dah 1 stgh tahun ga ilang cuma bekas merah jerawat doank..gara"nya dulu aku jerawatan gede" n ke dokter truz disuntik dan akhirnya jerawatnya kempes..tapi merahnya itu ga ilang..tolong ya kasih tau alamatnya..

riisty said...

boleh tolong ksii tau nma,alamat,sama no hp dokter yg kta.a 15 pasien/hari itu ?
mohon d bls y .
thx b4 . :)

aedy said...

Cara menghilangkan jerawat supaya ia tidak tumbuh kembali adalah dengan menghapuskan sumbernya iaitu: sarang resdung yg bertempat di dalaman wajah. Ada suatu ramuan khas yang selamat tetapi amat amat kuat bagi mengikis lendir2 resdung tu. Rujuk:cara menghilangkan jerawat

jerawat said...

wah seru banget pengalaman yang diceritain si mba tadi ya...? mudah2n jerawatnya gak muncul lagi y mba..

tlc said...

saya pernah juga berjerawat parah selama 2 thn terakhir sampai muka pada item2 bekasnya, padahal lagi gadis satupun ga ada yang nongol, sekali waktu ketemu temen yg kebetulan dokter kecantikan, dia nyuruh saya pake mediklin non TR harganya murah cuma 20 ribuan (tube warna orange)caranya pagi hari cuci muka pake sabun cuci muka (merek apa aja boleh)setelah kering pake mediklin setelah itu kalo kita mo pake bedak jg boleh (bedak bebas,apa saja yang biasa kt pake jg boleh), sore atau malam mo tidur kita pake mediklin lagi begitu seterusnya sampai jerawat hilang, dan terbukti obatnya ampuh banget jerawatnya pada ilang nah tuk ngilangin noda itemnya saya pake produk garnier komplit(bukan promosi)alhasil muka saya kinclong lagi noda item pada ilang jerawatnya jg pada takut nongol lagi, jd kalo ada temen yg pd jerawatan saya pasti kasih resep ini,mereka juga pada berhasil numpas jerawat.

windy wonka said...

mau tau dong alamat dokternya.. dari komen2 diatas nanya ga dijawab2 .
trus bener ga kalo berobat ke dokter gitu bisa jadi ketergantungan..

tolong rep ke windyknowledge@yahoo.com

thx

Anonymous said...

Saya minta no hp dokternya dong ?

Anonymous said...

Terima kasih kepada perkongsian anda, sebenarnya untuk menghilangkan jerawat atau mengawal jerawat terjadi, anda juga boleh cuba mengunakan resepi ini! Menghilangkan jerawat dengan kacang hijau : http://caramenghilangkanparutjerawat.blogspot.com/2011/11/cara-menghilangkan-jerawat-dengan-sapu.html

Mia Fardina Rahman said...

kalo boleh tau, dimana ya tempat dokter itu ?? please bls commentnya ya .. ;(

Anonymous said...

Ini pengalaman aku, sejak kelas 2 SMA, muka jerawatan, timbul 1 ku cuek aja. Timbul 3-5 wah parah. Padahal dlu ga pernah 1 pun jerawatan,..aku pun Langsung mencari solusi nya. Dan sampai aku kuliah semester 1 hingga sekarang belum sembuh juga,,, mau ke doktor kulit ya mahal. Akhirnya aku cuman beli obat jerawat dari la tulipe, yg acne total care lotion, ya alhamdulilah sampai sekarang jerawat bisa di atasi meskipun ga semuanya. Tinggal bekas nya ajja lagi..,, YA Doa in ajja mOga berhasil. Hehe.

Anonymous said...

kasih tau dong nama dokter sm alamat prakteknya

Cari Uang di Internet Gratis said...

thanks mas udah sharing. stress jg nih dibuat jerawat. bisa dicoba nih tipsnya :)

menghilangkan jerawat said...

makasih banyak buat infonya

maspri said...

makasih banyak buat sharing infonya..
Anda bisa menemukan informasi lengkap mengenai cara
mengatasi jerawat
di jerawathilang.com

Anonymous said...

dokternya siapa namanya?? thanks.

Anonymous said...

Ceritanya bener bener bikin inspiratif

Mia Fardina Rahman said...

alamat dokternya dimana ? saya juga punya masalah yang sama nih .. jerawat banyak banget .. malu sendiri kalau keluar rumah :( tolong bantuannya ya .. kirim email ke saya di miafardinarahman@gmail.com ... terimakasih sebelumnya :)

arif said...

mantap gan keep blogging,, kunjungan baliknya ditunggu,,
http://rahasiaclickbankreview.vv.si

Indo Telematika Education said...

blogwalking, nice post, lagi cari solusi jerawat gan !, thanks

sruntul said...

kunjungan perdana gan !, thanks

elychan said...

wah,,,baru nemu nih blog yg kaya gini,,
mau share jg,,
kulit muka aku jg termasuk yg sensitif,,mulai masuk kuliah terutama,,dulu pas msh ada exfoliating mask nya body shop cocok banget,,bekas jerawat jg cepet kering,,,tp karna tuh produk dah ga kluar akhirnya blom nemu lg yg pas,,
dah nyoba ke dokter kulit,,ujung2nya peeling..tp ya,,ga beres jg,,dah berbulan2,,

akhirnya nemu krim peeling mumtaza,,lumayan murah,,dan sampe sekarang pake,,bekas jerawat mulai aga pudar,,

hasilnya sih kaya peeling di dokter,,tp emg sedikit sedikit sih ngilangnya..

peeling acne mumtaza

Ikhwan Ngeblog said...

Artikel diatas sangatlah bermanfaat, sebagai alternatif dapat pula kunjungi link di bawah ini:

http://menghilangkanjeraw.blogspot.com/